Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2

Berikut Materi Pembelajaran Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2

Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis (DDG) merupakan mata pelajaran yang masuk ke dalam kelompok C2 sesuai Kurikulum K13 revisi tahun 2017 yang digunakan. Secara umum mata pelajaran DDG mempelajari tentang prinsip prinsip desain, cara membuat seuatu desain sampai pada tahap pembuatan Desain menggunakan Aplikasi Canva.

Kompetensi Yang akan di pelajari  Dasar Desain Grafis Kelas 10 Semester 1 dan 2

Bab 1 Menempatkan Unsur Tata Letak Garis, Ilustrasi, Tipografi, Warna, Gelap Terang, Tekstur, dan Ruang

A. Unsur-Unsur Tata letak / Pengertian Desain Grafis / Jenis Desain Grafis / Istilah Desain Grafis / Manfaat Menjadi Desainer Grafis

B. Unsur Penunjang Desain Grafis

Uji Kompetensi


Bab 2 Menempatkan Berbagai Fungsi dan Unsur Warna

A. Unsur Warna

B. Kombinasi Warna

C. Model Warna

D. Gamut Warna

Uji Kompetensi


Bab 3 Menerapkan Hasil Prinsip-Prinsip Tata Letak atau Layout

A. Pengertian dan Unsur Tata Letak (Layout) 

B. Prinsip Komposisi dan Tata Letak (Layout)

Uji Kompetensi


Bab 4 Menempatkan Berbagai Format Gambar

A. Konsep Format Gambar

B. Format Gambar Berbasis Bitmap

C. Format Gambar Berbasis Vektor

D. Format File Multimedia

Uji Kompetensi


Bab 5 Melakukan Proses Scanning Gambar/ Ilustrasi/Teks dengan Scanner

A. Pengetahuan tentang Scanner

B. Langkah-Langkah Scanning Dokumen

Uji Kompetensi 


Bab 6 Menggunakan Perangkat Lunak Pengolah Gambar Vector

A. Konsep Perangkat Lunak Grafis Berbasis Vektor

B. Jenis-Jenis Perangkat Lunak Berbasis Vektor

C. Pengenalan Tool Perangkat Lunak Berbasis Vektor

D. Pembuatan Logo dan Objek Sederhana dengan Tool-Tool CorelDraw

Uji Kompetensi 


Bab 7 Memanipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek

A. Cara Manipulasi Gambar Vektor dengan Fitur Efek 

B. Menyimpan Hasil Desain

Uji Kompetensi 


Bab 8 Membuat Desain Berbasis Gambar Vektor

A. Produk-Produk Desain Grafis

B. Desain Poster

C. Langkah Membuat Desain CD/DVD Label

Uji Kompetensi


Bab 9 Membuat Desain Berbasis Gambar Bitmap

A. Konsep Perangkat Lunak Berbasis Bitmap

B. Pengenalan Perangkat Lunak Berbasis Bitmap

C. Manipulasi Gambar Berbasis Bitmap

D. Menyimpan Manipulasi Gambar Berbasis Bitmap

Uji Kompetensi


Bab 10 Memanipulasi Gambar Raster/Bitmap dengan Menggunakan Fitur Efek 

A. Konsep Fitur Efek pada Gambar Bitmap

B. Pengenalan Tool Pada Adobe Photosop

C. Jenis-Jenis Efek pada Teks

Uji Kompetensi


Bab 11 Membuat Desain Berbasis Gambar Bitmap (Raster)

A. Konsep Desain Berbasis Gambar Bitmap (Raster) 

B. Retouching Gambar Bitmap

C. Membuat Desain Foto Kolase

Uji Kompetensi 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama